MERANCANG PEMBELAJARAN BERBASIS
TIK
TOPIK
|
TUJUAN
|
AKTIFITAS
PEMBELAJARAN DAN TIK YANG DIGUNAKAN
|
Peduli
Terhadap Makhluk Hidup/ Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
|
1.
Dengan mengamati gambar,
membaca teks tentang “padi dan teh”, dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar
mereka dengan benar.
2.
Dengan membaca teks “Padi dan
Teh”, dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan informasi tentang karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan
tepat.
|
1. Siswa menonton video
pembelajaran tentang tanaman padi dan teh
2.
Siswa mengamati
gambar dan baca teks tentang tanaman padi dan teh yang terdapat dalam buku
siswa.
3. Siswa menulis
kesimpulan tentang tanaman padi dan teh
4.
Siswa menuliskan
perbedaan antara tempat hidup tanaman padi dan teh.
5. Siswa menuliskan
alasan mengapa padi dan teh tumbuh di tempat yang berbeda (sawah dan pegunungan).
6.
Siswa menuliskan
penjelasan bahwa keadaan alam (iklim dan bentuk bumi) mempengaruhi partumbu-han tanaman.
7.
Siswa menuliskan hal
yang perlu diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.
8. Siswa menuliskan
hasil laporannya dengan menggunakan MS Word
9. Siswa mengirimkan
hasil laporan yang telah dibuat kepada guru melalui aplikasi edmodo
10. Siswa
mendiskusikan jawaban dengan teman dan
guru dengan saling berkomentar di edmodo
11. Salah satu siswa memaparkan
hasil diskusi yang telah dilakukan di depan kelas dengan menggunakan
Ms.Powerpoint
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar